Buku Baru Datang: Edisi 6 Mei 2013

Wednesday, May 08, 2013




Nyaris sebulan yang lalu, adik kelas saya waktu di SMA, Sofia, mengirim pesan ke Facebook saya.

“Kak, atasan saya mau bebersih gudang dan beliau mau melepas satu set Encyclopedia Britannica terbitan 1980-nya yang ada19 jilid dengan harga sekian. Minat?”, begitu tawarnya.

Awalnya saya ragu untuk menerima tawaran itu. Tapi dengan budget sejumlah itu, kesembilanbelas ensiklopedia babon berbahasa Inggris itu terlalu menggoda untuk dilewatkan, bahkan menurut saya terlalu murah. Maka setelah tanya ini itu dan segenap tetek-bengek lainnya sudah disepakati, jadilah semalam buku itu dijemput oleh adek saya dari rumah sang empunya yang berada tidak jauh dari rumah saya di Jurangmangu.

Ensiklopedia ini konon merupakan ensiklopedia tertua di dunia. Saya sendiri belum pernah membaca fisiknya, kecuali dalam bentuk potongan-potongan artikelnya yang tersebar di internet.

Sembilan belas jilid buku ensiklopedi berbahasa Inggris dengan bobot lebih kurang nyaris tiga puluh kilogram. Sekarang saya lagi menghitung berapa ongkos kirim yang harus saya keluarkan untuk memboyong kesemua buku antik itu ke Luwuk. Hasilnya, malah lebih mahal ongkos kirim tenimbang harga bukunya hahaha...

Yare yare. [perpustakaanpribadiku.blogspot.com]


Kilongan, Mei 2013 

You Might Also Like

0 comments